Posted by : Sarah Larasati Mantovani Saturday, 4 October 2014

Rendang Conversation ;)
Dinobatkan sebagai makanan paling terlezat di dunia oleh situs CNNgo, pengolahan rendang (yang bisa awet sampai berminggu-minggu itu) berbeda dengan pengolahan masakan Indonesia lainnya.

Rendang, terutama pengolahannya, sedari dulu memang sengaja diciptakan agar awet (tanpa pengawet buatan lho yaa...) karena jaman dulu belum ada kulkas seperti sekarang. Berikut ini adalah resep rendang dari ibu saya ;)


Bahan : Daging Sapi/kentang (atau bisa juga berinovasi dengan tempe atau ayam)

Bumbu : Cabe merah
sereh (dibagi dua, ada yang di ulek, ada yang di geprek)
Bawang putih
daun salam
Bawang merah
daun jeruk
Jahe
daun kunyit
Laos (bagi 2, di ulek dan digeprek)
ketumbar
Jintan
lada

Catatan: bumbu disesuaikan dengan ukuran/berat daging yang akan diolah. Mengingat ibu saya tidak pernah mencatat besaran bumbunya, maka jumlah/besaran bumbu dikira-kira saja atau tergantung selera (di sinilah intuisi kita bermain ;) ).

Cara buat :

Semua bahan di ulek kecuali daun kunyit, sereh yang untuk digeprek, daun salam, daun jeruk sama laos yang untuk digeprek.

1 kilo daging paling sedikit 3 kelapa, pisahkan patinya sama encernya, dibagi dua jadi santan kental sama santan encer.

Cara bersihkan kentang bisa pakai ampas kelapa.

Setelah di ulek, tumis bumbu sampai wangi, saat udah wangi masukkan daging setelah dagingnya agak matang (coklat) baru masukkan santan encer.

Setelah dagingnya matang, di angkat. Kalau santan encernya sudah mengental baru masukkan santan kentalnya, setelah mendidih masukkan lagi daging dan kentangnya.

Baru tumis sampai kering.

{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. Rendang is life rendang is love

    ReplyDelete
  2. Ass Wr Wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU YOSHI yg dari singapur tentan Pesugihan AKI RUSLAN SALEH yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk menarik dana Hibah Melalui ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti dan mendapat hasil tarikan RM.347.000 Ringgit, kini saya kembali indon membeli rumah dan mobil walaupun sy Cuma pekerja kilang di selangor malaysia, sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI RUSLAN SALEH dan saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI RUSLAN SALEH saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKI, Jika Anda Ingin Di Bantu Ritual Pesugihan Hubungi 0852=8584=7477 Atau [klik] AHLI PESUGIHAN TANPA TUMBAL
    KEAMPUHAN RITUAL AKI RUSLAN SALEH
    1.Penarikan Dana Hibah Melalui Bank Ghaib
    2.Penarikan Uang Melalui Mustika
    3.Ritual Angka Tembus Togel/Lotrey
    4.Jimat Pelaris Usaha DLL
    Dan Masih Banyak Lagi, AKI RUSLAN SALEH Banyah Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, mohon di bantu share ya indahnya berbagi, Untuk yg punya rum terimakasih atas tumpangannya.

    ReplyDelete

- Copyright © Journalicious - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -