Posted by : Sarah Larasati Mantovani Thursday, 2 October 2014

Gender dalam KBBI Online
Beberapa jam yang lalu, saya membaca tulisan seorang rekan wartawan dalam blognya. Dia membahas tentang istilah-istilah asing yang biasa digunakan orang-orang Indonesia saat mengobrol maupun menulis, termasuk kata Gender. Istilah Gender, ungkap teman saya, ternyata tidak ada dalam kamus rujukan rakyat Indonesia - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Setelah itu, saya jadi penasaran ingin membuktikan sendiri dengan mencari kata Gender dalam mesin KBBI online. Nah ternyata Istilah Gender memang tidak ada dalam KBBI online, tanya kenapa?. Malah menurut KBBI, gender merupakan gamelan Jawa yang terbuat dari bilah-bilah logam berjumlah empat belas buah dengan penggema dari bambu. Jadi gender menurut KBBI merupakan alat musik pukul 
Padahal KBBI sendiri dibuat oleh orang-orang Kristen dimana Kristen sendiri dalam sejarahnya telah ter-barat-kan dan tuntutan kesetaraan gender juga pertama kali datang dari Kristen (baca: Barat). Selain itu, kata Gender juga tidak saya temukan dalam manuskrip-manuskrip yang membahas pergerakan perempuan Indonesia (baik itu koran yang diterbitkan oleh pergerakan perempuan maupun buku-buku sejarah jaman Orde lama, termasuk Sedar).
Ini artinya, Indonesia sejak lama memang tidak mengenal Kesetaraan Gender, begitu pula dengan adat istiadatnya, walaupun memang masih ada sisa-sisa hukum matrilinial di beberapa daerah, seperti Aceh dan Minang, tapi itu tidak bisa dijadikan bukti kuat bahwa Indonesia dulunya pernah mengenal ataupun melaksanakan kesetaraan gender.
Apalagi para Mujahidahnya dulu yang terdiri dari Aisiyah, Muslimat NU, Wanudidjo Utomo (Sarekat Islam bagian Wanita) maupun Jong-Islamieten-Bond Dames-Afdeling (JIBDA – JIB bagian Wanita), saya juga tidak yakin kalaupun mereka masih hidup, mereka akan mendukungnya. Memaksakan kesetaraan gender agar diterapkan sama saja dengan memerkosa budaya Indonesia, kenapa? Ya karena budaya asli Indonesia, terutama para perempuannya, terkenal dengan budaya ketimurannya, terlepas dari segala degradasi moral yang dialami bangsa ini sekarang.
Well, saya pikir daripada laksanakan Kesetaraan Gender, lebih baik berdayakan para suami yang berasal dari golongan ekonomi bawah (yang saya dengar dari para Feminis itu) kerjanya hanya mengurusi burung dalam sangkar, sementara Istrinya membanting tulang bekerja di luar dan bagaimana agar para suami menjadi Imam yang lebih baik untuk Istri dan keluarganya. Bagaimana pun, solusi kesetaraan gender hanya seperti gali lubang tutup lubang. Kalau kata Soekarno dalam buku Sarinah, Feminisme malah tidak bisa menutup retak yang ada dalam jiwa perempuan...
Lebih baik pula ganti kata gender dengan gendar, karena gendar lebih terdengar ramah dan renyah di telinga saya daripada gender.

*tulisan edisi Lapar

{ 2 comments... read them below or Comment }

  1. Ass Wr Wb, Saya ingin berbagi cerita kepada anda bahwa saya seorang TKI dari malaysia dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar IBU YOSHI yg dari singapur tentan Pesugihan AKI RUSLAN SALEH yg telah membantu dia menjadi sukses dan akhirnya juga saya mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk menarik dana Hibah Melalui ritual/ghaib dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti dan mendapat hasil tarikan RM.347.000 Ringgit, kini saya kembali indon membeli rumah dan mobil walaupun sy Cuma pekerja kilang di selangor malaysia, sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI RUSLAN SALEH dan saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI RUSLAN SALEH saya Bisa sukses, Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, ini adalah kisah nyata dari seorang TKI, Jika Anda Ingin Di Bantu Ritual Pesugihan Hubungi 0852=8584=7477 Atau [klik] AHLI PESUGIHAN TANPA TUMBAL
    KEAMPUHAN RITUAL AKI RUSLAN SALEH
    1.Penarikan Dana Hibah Melalui Bank Ghaib
    2.Penarikan Uang Melalui Mustika
    3.Ritual Angka Tembus Togel/Lotrey
    4.Jimat Pelaris Usaha DLL
    Dan Masih Banyak Lagi, AKI RUSLAN SALEH Banyah Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis Ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia, mohon di bantu share ya indahnya berbagi, Untuk yg punya rum terimakasih atas tumpangannya.

    ReplyDelete

- Copyright © Journalicious - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -