Posted by : Sarah Larasati Mantovani Friday 3 February 2012


Prof. Sofyan Safri Ph.D.-salah satu Dekan FE Universitas Trisakti

Indonesia kini telah kehilangan sosok yang selalu dikenal gigih dalam memperjuangkan Ekonomi Syariah, Prof. Sofyan Safri Harahap.

Kemarin malam (02/02), Prof. Sofyan Safri Harahap tutup usia di usianya yang ke 56 tahun setelah dirawat selama empat hari di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Jakarta, karena mengidap kanker anus sejak bulan Juli 2011.
Sofyan Syafri Harahap lahir di Sipangko, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara tahun 1956. Ia memperoleh gelar Sarjana dari Universitas Sumatera Utara dan gelar Masternya ia peroleh dari Universitas Illinois, Chicago. Kemudian gelar Doktor diperolehnya dari Universitas Adelaide, Australia, dengan topik disertasi “Pengawasan Bank Indonesia terhadap Bank Komersial”.
Ia memulai karirnya di Bank Duta di Medan dari tahun 1984-1985, dan bekerja pada beberapa perusahaan akuntansi yang berbeda di Medan sampai dengan tahun 1992. Sejak tahun 1991-1992, ia menjabat sebagai Sekretaris Perusahaan dan Controller pada Bank Muamalat. Setelah itu, ia menjabat pada sebuah komite untuk pengembangan perbankan Syariah di Bank Indonesia dari tahun 2005-2007, kemudian menjabat sebagai Komisaris Independen di Bank Syariah Mandiri (2002-2007), dan juga mengajar di Universitas Trisakti dalam bidang Islamic Economic and Finance (2004 – sekarang). Ia menjadi Dosen Tamu di INCEIF, Bank Negara Malaysia (2006 – sekarang) dan external examiner di University of Malaysia, Kuala lumpur (2006 – sekarang), La Trobe university, Australia, dan sebagainya. Terakhir sejak Juni 2010, Ia menjabat sebagai Komisaris Independen BNI Syariah.
Jenazah Almarhum telah dimakamkan di Pemakaman Karet Bivak, Jumat (03/02) siang tadi.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Journalicious - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -