Posted by : Sarah Larasati Mantovani Tuesday 15 November 2011

Pada tanggal 13 November lalu, Fakultas Ekonomi Manajemen bekerjasama dengan Fakultas Pertanian Bogor mengadakan SENSASI (Sharia Economics and Talkshow in Campus).



Acara yang di adakan di Auditorium Thoyib Hadiwijaya Faperta IPB dan diadakan dalam dua sesi ini menghadirkan sejumlah tokoh Perbankan syariah, peneliti maupun praktisi pendidikan, seperti Ir. Hanawijaya, MM., Direktur Bank Syariah Mandiri, Ir. Ascarya, M.Sc. M.B.A., Peneliti Senior BI, Prof. Dr. Sofyan Syafri. H., Guru Besar Universitas Trisakti, Irfan Syauqi Beik, P.hD., Ketua Prodi Ekonomi Syariah FEM IPB, Ali Sakti Ma M.Ec, Peneliti Muda BI dan Dr. Ir. Imam Saptono, dir. Risiko dan Kepatuhan PT. Bank BNI Syariah.



Dalam seminar ini, Hanawijaya mengungkapkan bahwa prinsip bisnis syariah yang pertama adalah “IQRO”, ia juga menekankan pentingnya orang Indonesia untuk rajin membaca agar bisa menaklukan dunia, karena sangat pentingnya membaca itulah, Bank Syariah Mandiri pernah mendapatkan penghargaan MURI tingkat dunia dengan kategori pembaca buku terbanyak karena mengadakan event “Let’s Read” bagi karyawan-karyawannya di seluruh Indonesia.


Kemudian, Imam T. Saptono dari Bank BNI Syariah juga mengungkapkan masih kurangnya SDM yang mempunyai latar belakang keilmuan dari Ekonomi Islam, salah satu penyebabnya yaitu karena mereka yang masuk ke dalam industri syariah akan dianggap sebagai muslim yang eksklusif dan adanya persepsi bahwa bekerja di perbankan syariah sama saja dengan bekerja di perbankan konvensional, yang membedakan hanya pada terminologi bunga.


Selain itu, ini pada tahun ketujuh, Sharia Economics Student Club atau yang disingkat menjadi SES-C mengadakan seminar Ekonomi Syariah. Desti selaku Steering Committee dari seminar tersebut mengatakan, seminar ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa Institut Pertanian Bogor saja tetapi juga dihadiri oleh sejumlah mahasiswa dari Perguruan Tinggi lain, baik itu swasta maupun negeri, seperti Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Universitas Djuanda Bogor, STEI Tazkia, Universitas Az-Zahra, SAHID, STIE Pandu dan UIN Syahid Jakarta.


Seminar yang dihadiri sekitar 200 lebih peserta dan mengangkat tema “Managing Sharia in Globalism Toward the Best Practice Economics” ini diharapkan dapat memberikan pemahaman tentang konsep aplikasi pemasaran dalam Ekonomi Islam, pembiayaan microfinance dan bagaimana mengembangkan SDM Ekonomi Islam dalam Tantangan Arus Globalisasi kepada mahasiswa IPB, khususnya dan mahasiswa non IPB, umumnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Journalicious - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -