Posted by : Sarah Larasati Mantovani Friday, 4 November 2011

Tanggal 3 November mungkin menjadi hari bersejarah untuk Bisnis Syariah di Indonesia, karena pada tanggal tersebut Pedoman Umum Good Governance Bisnis Syariah diluncurkan. Sejumlah lembaga dan tokoh pebisnis syariah pun hadir dalam acara yang dilaksanakan di Ruang Serbaguna LPPI, Kemang Raya, Jakarta Selatan. Termasuk salah satu pemrakarsa Pedoman Umum tersebut, Binhadi.


Dalam acara yang dilaksanakan pada tanggal 03 November di ruang Serbaguna LPPI (Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia), hadir sejumlah pembicara untuk mengisi seminar dengan judul “Peran Pedoman GGBS dalam Peningkatan Daya Saing Bisnis Syariah di Indonesia”, termasuk salah satunya yang berasal dari Dewan Syariah Nasional-MUI, Adiwarman Azwar Karim.

Acara yang diprakarsai oleh Komite Nasional Kebijakan Governance ini, pada sesi pertamanya menampilkan Binhadi, pembicara dari Komite Nasional Kebijakan Governance. Binhadi mengungkapkan, tujuan dibuatnya pedoman GGBS ini yaitu, untuk memberikan tuntunan berbisnis secara islami, baik yang sudah menyatakan sebagai entitas syariah maupun yang belum. Dengan pedoman ini, diharapkan dapat mendorong kesadaran dan komitmen pebisnis syariah untuk meningkatkan ketakwaan, manfaat dan keberkahan dalam berbisnis, pengambilan keputusan bisnis yang didasarkan pada nilai akhlak Islam dan kepatuhan tentang peraturan perundang-undangan, adanya kesinambungan entitas bisnis syariah melalui pengelolaan yang didasarkan pada praktik-praktik bisnis dengan karakter dan sifat-sifat Rasulullah saw.. Selain itu, pedoman GGBS ditujukan untuk semua pelaku bisnis syariah dan pedoman ini juga diharapkan dapat menjadi acuan bagi regulator dalam menyusun dan menetapkan aturan atau petunjuk pelaksanaan serta sanksi yang perlu dikenakan atas penyimpangan atau pelanggaran terhadap pelaksanaan GGBS.

Kemudian, Binhadi menyebutkan beberapa contoh perbandingan antara Pedoman CGC dengan GGBS yaang terletak pada penciptaan pra kondisi/penciptaan situasi kondusif. Dalam pedoman CGC, terletak pada terciptanya pasar yang efisien, transparan dan konsisten dengan undang-undang yang didukung oleh tiga pilar: Negara, Dunia Usaha dan Masyarakat. Sedangkan dalam pedoman GGBS, terletak pada terwujudnya bisnis yang berkembang dengan tetap berlandaskan pada kaidah-kaidah syariah yang tidak hanya ditujukan untuk keberhasilan materi, akan tetapi keberhasilan spiritual. Pada pedoman GGBS juga disebutkan, prakondisi operasional melalui berfungsinya empat pilar: Negara, Ulama, Dunia Usaha dan Masyarakat.

Terakhir, Binhadi memberikan kesimpulan tentang urgensi kehadiran pedoman GGBS, yang salah satunya disebutkan bahwa berdasarkan kajian, asas GCG dan aspek-aspek lain dari GCG tidak bertentangan dengan Islam. Oleh karena itu, Al-Quran dan Hadits digunakan sebagai pedoman dari GGBS untuk memberikan landasan bagaimana melaksanakan bisnis syariah dengan baik dan benar.

Yang menarik adalah, saat Adiwarman memaparkan makalahnya yang berjudul “Pedoman GGBS dalam Perspektif Potensi Ekonomi Syariah”. Saat memaparkan makalahnya, pria kelahiran 29 Juni 1963 ini terlihat optimis dengan bisnis syariah di Indonesia, karena bisnis berbasis syariah terutama bidang perbankan sudah teruji sebagai bisnis yang tahan dengan krisis.

Di akhir seminar, Adiwarman menyampaikan satu kaidah fikih “segala sesuatu yang tidak bisa kita lakukan dengan sempurna, maka jangan kita tinggalkan seluruhnya”, maksudnya, walaupun pedoman umum GGBS ini belum sempurna, kita jangan menolaknya karena ketidaksempurnaannya itu.

Pada saat diwawancarai, pria lulusan Boston University ini menyebutkan bahwa pada tahun 2012 nanti akan ramai Multifinance syariah, karena berdasarkan ta’limat (semacam himbauan) pada tahun 2011 Bank Syariah tidak boleh lagi menyalurkan pembiayaan ke multifinance konvensional, selain itu asuransi syariah pada tahun 2014 di amanahkan harus spin off, banyak Usaha Unit Syariah yang spin off dan perbankan syariah akan mengkokohkan dirinya di UKM (Mikro). [Ir&SLM]

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Journalicious - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -