Posted by : Sarah Larasati Mantovani Friday 22 April 2011

"Dan bumi telah dibentangkanNya untuk makhluk-Nya.
Di dalamnya ada buah-buahan dan pohon korma yang mempunyai kelopak mayang.
Dan biji-bijian yang berkulit dan bunga-bunga yang harum baunya.
Lalu nikmat Tuhanmu yang mana-kah yang kamu dustakan?"
(QS. ar-Rahman: 10-13)


Tepat pada hari ini Bumi merayakan hari jadinya. Nah, bagi kita yang sudah terbiasa dimanjakan oleh Bumi setiap harinya pasti masih asing dengan adanya hari Bumi yang diperingati setiap tanggal 22 April ini. Mumpung hari ini adalah hari Bumi, Yuk mulai dari sekarang kita biasakan untuk selalu memanjakan Bumi. Yaitu dengan melakukan hal-hal kecil berikut :

1. Membuang sampah pada tempatnya.
Ini adalah cara yang paling sederhana dan selalu dianggap sepele oleh kita (tapi mempunyai peran yang sangat PENTING). untuk yang satu ini, Jika disekitar saya tidak ada tempat sampah, saya selalu mengusahakan untuk membawa hasil sampah saya itu (seperti bekas Aqua gelas, sampah plastik, makanan, dll) kemanapun saya pergi sampai akhirnya saya benar-benar menemukan tempat sampah.

2. Hemat Kertas.
Usahakan setiap kali kita akan memfotocopy buku/diktat, minta-lah kepada petugas Fotocopy untuk memfotocopy-nya secara bolak-balik. Karena fotocopy bolak-balik selain bisa menghemat penggunaan kertas dan memangkas anggaran kita, kita juga bisa mengurangi dampak dari penebangan Pohon. atau bisa juga kita minta pada petugas rental/warnet untuk mengenprint bolak balik bahan-bahan tugas makalah kita.

3. Hemat Listrik dan Air.
karena listrik mempunyai peran yang sangat vital untuk kita, maka dari itu matikanlah listrik saat tak digunakan kembali selain itu memakai listrik pra-bayar juga bisa lebih menghemat pemakaian listrik karena dengan listrik pra-bayar kita bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Untuk urusan listrik, di Keluarga saya biasanya mematikan 3-4 lampu dari 7 lampu yang ada saat tak dipergunakan kembali.
Untuk penghematan air, saya punya tips khusus untuk yang satu ini :
=> setelah mencuci pakaian, usahakan untuk memakai pewangi sekali bilas. Karena pewangi sekali bilas akan menghemat penggunaan air yang berlebih saat mencuci.
=> Manfaatkan bekas air bilasan untuk kegunaan lain, seperti mencuci sandal atau sepatu, pewangi lantai, menyiram tanaman atau menyiram jalan, dll. (asalkan jangan untuk menyiram orang, hehe :p)
=> Usahakan untuk memakai Deterjen yang mempunyai bahan ramah lingkungan. Agar limbah hasil cucian kita tak membahayakan ekosistem yang ada di saluran air.
=> saat mencuci (pakaian atau piring, dll), manfaatkan penggunaan air seminimal mungkin.
=> Yang terakhir, jangan lupa matikan keran air saat sudah tak digunakan lagi.

4. Recycle ulang barang-barang bekas.
Kalau menemukan barang-barang bekas yang sudah tak terpakai di gudang rumah kita, jangan dibuang! Karena dengan kreativitas yang kita punya, kita bisa menyulap barang-barang bekas tersebut menjadi bermanfaat kembali. Misalnya, kita bisa menyulap kartu undangan bekas menjadi kartu ucapan ulang tahun atau album kenangan. atau dari kotak susu kita juga bisa menyulapnya kembali menjadi tas atau tempat untuk menaruh kado ulang tahun kita kepada teman, dll.

5. Kurangi penggunaan plastik
Saat berbelanja di Pasar atau supermarket, usahakan untuk membawa tas sendiri agar bisa mengurangi penggunaan plastik (INFO PENTING : Plastik baru bisa terurai di dalam tanah setelah 1000 tahun lamanya). Atau bisa juga kita berbelanja di supermarket/hypermarket yang menyediakan plastik ramah lingkungan seperti: Indomaret, Alfamart, Giant, dll. Selain itu plastik bekas fotokopian juga bisa kita manfaatkan untuk menyimpan fotokopian-fotokopian yang masih kita anggap penting.

6. Kurangi penggunaan mobil dan motor.*
Biasakanlah menggunakan sepeda atau berjalan kaki untuk mengunjungi tempat yang jaraknya dekat. Selain lebih menghemat energi, sudah tentu membuat tubuh kita jauh lebih sehat. Untuk jarak jauh, gunakanlah transportasi umum. Hal ini perlu untuk mengurangi emisi karbondioksida yang dihasilkan dari kendaraan bermotor.

7. Hijaukan lingkungan di sekitar kita dengan menanam Tanaman atau Pohon.
Tanaman dan Pohon bisa menyerap karbondioksida yang dihasilkan dari asap kendaraan bermotor. Selain itu, Pohon juga bisa menyerap air yang berlebih saat hujan, dengan begitu kita tak akan khawatir bila banjir.



INFO PENTING :


=> Harimau Sumatera diperkirakan akan PUNAH pada tahun 2015 (TvOne, Februari 2010).

=> selama 150 tahun terakhir, dalam kecepatan yang menakjubkan, Manusia telah memindahkan karbon dioksida (gas rumah kaca penyebab pemanasan bumi) dari perut bumi ke atmosfer dengan cara membakar minyak bumi sebagai sumber energi. Dalam 1 hari, 70 juta ton karbon dioksida berpindah ke atmosfer, menahan panas yang dipantulkan bumi yang seharusnya lepas ke angkasa luar dan memantulkannya kembali ke permukaan bumi. Panas yang ditahan dan dipantulkan kembali ke permukaan bumi ini disebut sebagai efek rumah kaca dan meningkatkan suhu bumi. (koran KOMPAS, Juli 2007).

=> Ketinggian air laut semakin bertambah satu meter setiap tahunnya. karena saking cepatnya ketinggian air ini, peneliti secara ekstrim memperkirakan sekitar 2000 pulau kecil akan hilang ditelan laut pada tahun 2030 nanti!. (Majalah Gadis, 2008)

=> Di tahun 2085, antara 25 hingga 40 persen habitat yang dihuni oleh berbagai spesies di Afrika diperkirakan akan hilang....
(Data ini dikeluarkian oleh United Nations Environmental Programme (UNEP) berkaitan dengan efek perubahan cuaca yang begitu drastir melanda hampir seluruh Bumi). (KOMPAS Muda, 2007).

=> Perubahan iklim yang sering kita rasakan di Indonesia adalah fenomena duo kembar La Nina dan La Nino. Jika La Nino membawa musim kemarau yang sangat panjang, maka La Nina membawa musim hujan yang juga sama panjangnya. Tak heran kalau kita sering mendengar bencana banjir dan tanah longsor melanda di berbagai kota di Indonesia. (majalah GADIS, 2008).

* Tips diambil dari Koran KOMPAS

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Journalicious - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -