Posted by : Sarah Larasati Mantovani Saturday 31 January 2015

Kereta Krakatau
Foto: Google
Sebagai pecinta transportasi perkeretaapian (tepatnya sejak bolak balik pulang pergi Jakarta-Solo), masih banyak hal yang masih belum saya tahu dan harus saya pelajari, termasuk soal menukar tiket.

Dua kali pengalaman mengundur jadwal kepulangan membuat saya jadi tahu, jika kita ingin menukar tiket kereta kita dengan harga tiket yang sama dengan harga tiket yang kita punya, maka kita harus melakukan langkah-langkah seperti berikut:

1. Sebelum kita pergi ke loket stasiun maka tiket yang kita punya harus dicetak terlebih dulu di Mesin CTM (Cetak Tiket Mandiri) atau jika tidak ada CTM bisa minta cetak di Loket (dengan syarat jika kita telah membeli tiket di luar stasiun seperti di Alfamart, dan lainnya).

2. Setelah tiket dicetak, kemudian isi formulir permintaan tiket yang telah disediakan. Misalnya, tiket yang kita punya jadwal kepulangannya tanggal 17 Februari, kemudian kita ingin mengundur jadwal kepulangan jadi tanggal 01 Maret, maka yang harus ditulis dalam formulir adalah jadwal kepulangan tanggal 01 Maret.

3. Selesai mengisi formulir, bawa formulir, tiket kereta kita yang telah dicetak plus Kartu Identitas kita ke bagian loket (biasanya mengambil nomor antrian terlebih dulu)

4. Petugas ticketing biasanya akan memeriksa dan memastikan bahwa kereta yang ingin kita pesan belum penuh tempat duduknya.

5. Petugas ticketing biasanya akan memberi info jika tiket yang ingin kita tukar akan dikenai charge 25 persen dari harga tiket kita sebelumnya. Namun dari pengalaman saya, jika harga tiket yang ingin ditukar lebih rendah dari harga tiket kita sebelumnya maka kita tidak perlu lagi membayar charge 25 persen tersebut (karena charge 25 persen sudah termasuk di dalamnya), hanya saja petugas ticketing akan bertanya apakah kita tidak keberatan jika sisa uang dari harga tiket tidak dikembalikan?. Kemudian petugas ticketing akan membacakan jadwal kepulangan atau keberangkatan kita untuk memastikan kembali.

Tips penting!

Kita bisa request tempat duduk pada petugas ticketing, tentu dengan syarat kita harus pesan satu bulan sebelumnya karena biasanya kereta cepat penuh. Biasanya saya memilih tempat duduk dekat jendela (kalau tidak A ya E), namun karena tiket yang telah saya pesan sebelumnya tempat duduknya memang dekat jendela, maka saya akan minta pada petugas ticketing agar tempat duduk dan gerbongnya sama dengan tiket yang telah saya pesan sebelumnnya.

*untuk postingan tentang kereta api selanjutnya maka akan saya singkat menjadi FTI.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Journalicious - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -